Monday, September 3, 2018

Pacu Jalur 2018

Event pacu jalur merupakan kebudayaan kebanggan masyarakat Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Event ini telah menjadi salah satu event nasional di Indonesia. Bahkan, baru-baru ini event pacu jalur mampu memboyong piala Anugrah Pesona Indonesia kategori festival pariwisata terpopuler tahun 2017. 

Rasa cinta masyarakat Kuansing terhadap event ini tak luntur walau keseringan musim pacu jalur diiringu dengan terjadinya penurunan penghasilan masyarakat, terutama sawit dan karet. Sebab, pada umumnya penghasilan masyarakat Kuansing bersumber dari dua komoditi tersebut. 

Nah, tahun ini event pacu jalur bisa disaksikan secara live streaming melalu aplikasi IPJK. Aplikasi ini merupakan rancangan anak Kuansing yang mungkin begitu peduli dengan antusiame masyarakat Kuansing yang berada jauh di perantauan. Padahal mereka begitu menginginkan menyaksikan secara langsun perhelatan akbar tersebut. Alhasil terciptalah IPJKS. 

Oh ya, acara yang diselenggarakan selama 4 hari ini tak hanya menampilkan aduan pacu jalur semata. Pada malam hari akan diisi hiburan berupa malam seni budaya yang biasanya diisi dari berbagai kabupaten tetangga. Lokasinya ada di Taman Jalur. Disekeliling kesenian ini ditempat beberapa stand (mungkin sponsor), seperti Bold, Telkomsel, BNN Kuansing, GenPiKuansing dll. 

Suasana event pacu jalur sebenanrnya hampir sama tiap tahunnya. Konsepnha pun demikian. Namun, baru tahun ini kesampaian menulisnya. Meski demikian, hanya saja tetap membawa kerinduan. Hihi btw hati-hati, kadang bisa jumpa mantan saking banyaknya umat yang berkumpul pada satu titik heheh. 

Nah, ini beberapa foto. Tahun ini hanya nonton waktu hari ke-3. 

At tangga batu. Tempatny free. Siapa cepat dia dapat. Nah bagian yang warna biru dinamakan tribun. Tribun adalah tempat nonton *istimewa*. Why is so pecial? Karena gak gratis alias bayar. Harga tiket sekitar 30-50 per orang


 Bagian depan Taman Jalur. Sayangnya diisi parkiran pula hehe
 Rokok Bold Experience kalau gak salah. Saat foto diambil, terdapat anak-anak komunitas kracker Kuansing ngadain lomba Mobile Legend. Menurut saya, tempatnya keren dah.
 Dewan kerajinan nasional kabupaten Kuantan Singingi. 
 Oleh-oleh kaos khas Kuansing. Maybe hehe
 Developer Property
 Booth for all you that love photo
 Kalau gak salah ada lomba foto gitu dah
 Penampilan seni oleh siswa/i SMKN 1 Teluk Kuantan (STM). Fyi, sekolah ini mewakili Kuansing di ajang FL2SN tingkat Provinsi kategori Tari


Note : Jangan kaget saat biaya parkiran agak GEDE. Bahkan untuk motor sahaja 10.000 per motor. Mobil? Mungkin 30.000-40.000

Mamake bilang " Disitulah rayonye". Maknanya, maklumin saja.


No comments:

Post a Comment